Kegagalan Cinta

 
Kegagalan cinta bisa berupa, Kasih yang tertolak atau Hubungan kasih yang terpus karena Perpisahan. Perpisahan pun banyak penyebabnya…yang semuanya pasti  membawa kekecewaan dengan segala manifestasinya
 
Tragis
 
Kegagalan Cinta, Putus cinta memang perih. Derita cinta memang menyakitkan.

(move on back):

  1. Tetapkan sikap Anda , berniatlah untuk “Bangkit Kembali”  , niat baik menjadi nilai penting . percuma motivasi dr temen temen , percuma  motivasi dari keluarga  , Niatkan diri karena Allah . 
  2. Emosi negatif, seperti perasaan kecewa , bukannya tanpa hikmah. Kesedihan akan memperhalus perasaan manusia, bahkan akan meningkatkan kepekaannya pada sesama. Bila kekecewaan dikelola dengan baik maka akan semakin matanglah emosi yang terbentuk. Tidak meledak-ledak lalu lenyap seketika. Ia akan siap untuk kesempatan berikutnya : Kecewa ataupun bergembira. Jadi mengapa tidak bersyukur manakala kita ternyata bisa kecewa? Karena berarti kita adalah manusia seutuhnya.
  3. Jangan biarkan kekecewaan menggerogoti keimanan kita kepada-Nya. apalagi dengan terus menanamkan prasangka buruk kepada-Nya. Segeralah sadar bahwa ini adalah ujian dari Allah. Akankah kita menerima qadha’-Nya atau menggerutu kepada-Nya.
  4. Bila anda dan mantan kekasih anda pernah saling memberi barang, simpan sementara atau kembalikan saja barang-barang pemberiannya, atau boleh juga berikan kepada yang membutuhkan, misal yayasan yatim piatu, untuk menghapus kenangan terhadap dia.
  5. Mungkin Anda tidak bisa melupakan segala sesuatu terhadap mantan kekasih anda, tapi jangan memutuskan hubungan silaturahim.
  6. Perbanyak kesibukan-kesibukan sosial, kesibukan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain.
  7. Anda harus mengevaluasi kegagalan hubungan anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan hubungan tersebut. Tumpahkan isi hati dan uneg-uneg Anda secara jujur , apa adanya , ke dalam selembar catatan . Bila perlu tulislah memori perjalanan hidup (suka-duka) Anda bersama mantan Anda
  8. Bila perasaan kesepian menghampiri anda, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan, atau berceritalah hal-hal yang ringan dan lucu, seperti masa kecil anda atau apa saja tetapi jangan sekali-kali menceritakan hubungan anda dengan mantan anda
  9. Sediakan waktu anda untuk memanjakan diri sendiri. Datanglah ke tempat-tempat yang dapat membuat anda rileks dan santai.
  10. Bila rasa sakit sudah begitu meluap , carilah saluran yang positif, seperti berolah raga, bermain  game tetapi kalau juga tidak bisa lakukanlah Yoga Restoratif
  11. Tekuni kembali hobi lama anda atau carilah kegemaran baru, misal melalui kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang-orang baru.
  12. Bacalah buku, Majalah atau putarlah film , atau dengar musik , wisata kuliner kegemaran Anda. Mungkin membaca, menonton, mendengarkan, wisata  kegemaran Anda , mengingatkan mantan Anda, Nikmatilah Nostalgia keindahan dan kebahagian yang anda pernah alami dan Ucapkanlah rasa syukur kepadaNya bahwa Anda pernah menikmati kebahagian tersebut dan adapun kegagalan yang Anda terima , merupakan cobaan dariNya yang pasti ada hikmah dibaliknya.

Memang tak ada jaminan yang pasti patah hati anda akan terobati jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pemantik untuk menyalakan semangat, sehingga anda kembali siap menjalini hidup baru . Orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi dan lebih baik , lebih teguh dan lebih Dewasa.
Kuncinya : Niat dan berdoa  untuk mendapatkan hidup yang lebih baik

~ by Nina on January 3, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: