Mereka yang disiplin

Belajar Antri dari Itik 

Seri Belaar dari Binatang

Dipedesaan atau dimanapun..Melihat sekumpulan itik-itik sedang berjajar rapi (antri) berjalan ke suatu tempat tujuaannya, meskipun tidak begitu rapi dalam berbaris (PBB) namun terlihat sangat teratur dan tertib dan tidak berdesakan.., membentuk jarak dan tidak saling nyerobot dan tolak menolak. Sejurus kemudian teringat akan tragedi ricuh saat antrian tiket ,pertunukan, tragedi ricuh saat mengantri demi mendapatkan promosi Smartphone B****berry , tragedi ricuh saat ingin mendapatkan sesuatu secara gratis, bertengkar saat mau antri membayar belanjaan dikasir Mal, berdesakan saat mau naik bis….dll banyak lagi tragedi hanya karena mau lebih dahulu dari pada yang lain….

Lalu timbul pertanyaan dalam benak, itik saja bisa, kenapa kita tidak bisa mengabntri? Bahkan manusia kan punya kelebihan dibanding makhluk hidup lainnya seperti itik, yaitu akal. Lantas kenapa kita tidak mempergunakan akal dengan baik? Masih Manusiakah , manusia yang tidak menggunakan akalnya???

Atau jangan-jangan jawabannya adalah akal sehat kita telah dikalahkan oleh sesuatu? Sesuatu seperti antri tiket , antri beli BB baru, bahkan adapula kericuhan saat pembagian zakat, pembagian BLT, BBM, dan lain sebagainya.

Tetangga dikampung saya mempunyai kandang bebek seluas 2×2 meter…dan pada menjelang malam bebeknya yang sehat rata 2 berukuran 20x30cm perekor sejumlah 300 ekor satu persatu masuk semuanya masuk kandang tanpa berdesak2kan,.. dan begitupula pada pagi hari sewaktu kandang dibuka…satu persatu bebek keluar dalam keadaan sehat dari kandang..tanpa berdesakan …, pada hal kalau mau dihitung secara mate-matik..kandang tersebut seharusnya hanya dapat menampung 60-70 ekor Bebek…

Itik-itik itu secara tidak langsung telah memberi sebuah arti yang cukup besar buat kita. Dan intinya adalah bahwa mempelajari hal baik itu tidak hanya sesama manusia, melainkan juga bisa melalui alam (lingkungan).

This slideshow requires JavaScript.

Sederhana tapi tersirat cukup bermakna, bukan?

~ by Nina on July 11, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: