Belajar dari X Factor

Belajar dari x Faktor

Sejak penayangan Audisi  pertama, memilih , penentuan 13 Kontestan sampai malam puncak penentuan pemenang X Factor Indonesia Jumat Malam 24 Mei 2013 di RCTI serta  tayangan TV Trans 7 dari pk 19.30 selama 1 jam pada tgl 28 Mei 2013 , dalam acara live Hitam Putih nya  Deddy Corbuzier dengan Bintang Tamu, Fatin Shidqia, Novita Dewi  serta Mika Angelo…  sekali lagi membahas Ajang /kontes  X Factor Indonesia Edisi perdana .

Banyak hal yang perlu dipelajari khususnya “Kebesaran Jiwa” baik sebagai atau mereka yang ikut sebagai Kontestan maupun sebagai  Juri Mentor ataupun sebagai Pemirsa.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut , menanggapi, mengomentari tuisan saya ini ada baiknya saya perlu sampaikan bahwa yang Namanya “Keberhasilan”, “Kesuksesan”, “Kepintaran”, “Kecakapan”, “Kepopuleran”, “Kehebatan” atau apapun namanya sesuatu kata sifat yang diawali KE dan diakhiri AN menjadi suatu yang Abstrak dan sangat tergantung dari lingkungan/ orang lain yang menerimanya.

“KEBERHASILAN” Fatin meraih juara dalam ajang X Faktor Indonesia  itu sangat dipengaruhi oleh SMS Pemirsa  !!!!  , itu tidak bisa dipungkiri dan itu adalah suatu kenyataan.

Novita Dewi dalam dialog dengan Deddy.. mengatakan “KE menang AN”  Fatin karena factor Xnya   (yang  kira-kira Novita menyamakan dengan kerakter suara) walaupun semua kontetestan memiliki kerakter suara yang baik dan kuat. dan Novita menambahkan bahwa walaupun Fatin Kurang dalam teknik menyanyi  dan Fatin sering salah Lirik Lagu. Kalau Novita legowo…, cukup dia menjawab karena SMS Fatin lebih banyak.  Tetapi kalau seandainya Mas Deddy bertanya “kenapa Fatin mempunyai SMS lebih banyak”, jawabannya yang legowo “karena keinginan pemirsa” , kalau ditanyakan lagi kenapa ??, jawabannya yang sangat mendekati kebenaran yaitu seperti pernyataan Ahmad Dani sewaktu ditanya oleh Roby purba Siapa yang diprediksi menjadi pemenang , katanya “Novita hebat ,bagus suaranya……… tetapi saya sering mendengarnya, tetapi Fatin suara  seperti ini jarang sekali …”  , pemirsa pasti juga mempunyai jawaban yang sama atau lainnya.. dan menurut saya semuanya benar ..yang paling pasti ialah “Karena Fatin memiliki SMS yang paling banyak”

Fatin Shidqia Dan apakah jawaban Fatin (sang juara) dalam dialog dengan Deddy ?? , secara lugu Fatin mengatakan “tau deh.., gokil banget tu!!  pemirsa”…,maksudnya pendukung Fatin (Fatinistik) artinya Kemenangan Fatin disebabkan kehebatan fatin memikat hati pemirsa , dan bukan karena kepintaran bernyanyi, bukan juga karena pengalaman dipanggung dan bukan juga karena kehebatan penampilan/gayanya .

Coba anda perhatikan apa kata terakhir Fatin setelah menyanyikan lagu kemenangannya ..sambil merendah , membungkuk dan mimik syukur  mangucapkan ” Terima kasih …. Terima kasih…. Terima kasih banyak semuanya yang telah mendukung aku”

Satu hal lagi pembelajaran yang bisa kita petik dari ajang ini… bagaimanakah prilaku Fatin dan Novita pada episode sampai dengan penampilan 3 finalis terakhir, Fatin lebih banyak stress.. blank, lupa lirik , karena Fatin sangat terbebani moril dari pendukungnya… mana lagi kritikan2 dari Baby Romeo.. Dibandingkan Novita ,Novita sangat dinina bobokan dari pujian para juri  terutama mentornya, begitu juga dari pemirsa pendukungnya yang sejak awal sudah melihat kehebatan sampai sampai yel yel Novita Dewi diganti menjadi Novita Dewinner , Rampok !!. Dan apa yang terjadi pada penampilan puncak yang sangat  menegangkan  itu?, Fatin sangat santai.., lepas tanpa beban .. dan semua Juri terkagum-kagum melihatnya… dan kalau mau jujur justru Fatin telah merampok sebagian pendudukung kontestan lainnya, Kenapa???, karena Fatin telah mengetahui kelemahannya sendiri..,Karena Fatin mengetahui kekuatan saingannya.., karena Fatin tidak sangat berambisi menjadi juara. Karena fatin tidak lagi terbebabni moril. Karena Fatin sadar atau tidak sadar telah merubah kekuatan lawan menjadi kekuatan nya sendiri (baca yel yel dibawah ini) serta merubah kelemahannya menjadi kekuatan yang sangat dahsyat.

Yel…Yel Novita Dewinner, Rampok vs Foya

 yel…yel Novita ini dipaksakan muncul dari Beby Romeo bentuk yel..yel.. yang lebih banyak akan menimbulkan antipati dibandingkan simpati (Antipati yang timbul itu secara otomatis memberikan simpati kepada Fatin) , berbeda yel ..yel  Fatin “Foya”.. yang timbul dari pemirsa dengan sendirinya pada lagu pertama sewaktu Audisi. “Foya” inilah merupakan kekuatan tersembunyi dari Fatin… (the hidden power of community) yang membuat simpatik yang makin lama makin membesar , kuat dan banyak. Sampai sampai Bruno Mars memasukan penampilan Fatin dalam situs nya.

Sony Record sangat jeli dan saya yakin sejak awal sudah memprediksi bahwa Fatin akan menjadi pemenangnya prediksi bukan hanya sekedar dugaan tetapi hasil survey akses video clip kontestan di Youtube yang sangat menonjol selisihnya antara videoclip Fatin dengan kontestan lainnya termasuk video clip Novita. sebagai perusahaan professional memanfaat kan peluang dan bersedia memberikan garansi rekaman senilai Rp. 1 M.

X Faktor  , mungkin karena baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia sehingga masih ada kejanggalan-kejanggalan misalnya pernyataan Roby Purba yang tidak konsisten , dimana pada akhir suatu episode mengatakan urutan yang disebut lebih dahulu untuk maju kebabak berikutnya  tidak berdasarkan jumlah sms  tetapi anehnya yang akan keluar/ pulang diambil dari 2 bottom (dua terendah) itu artinya berdasarkan urutan sms, yang aneh juga adalah pada episode awalnya 2 terendah selalu diperhadapkan dengan Juri mentor..dengan lagu save me song,  secara logika ini kan menggunakan standar ganda. Tetapi Juri mentor kan juga bukan orang bodoh sehingga selalu memperhadapkan dengan deathlock, tetapi Anggun dibodo-bodoi oleh system karena diperhadapkan kedua-duanya 2 bottom adalah anak mentornya , jadinya sanga dilematis,Kalau Anggun memilih deadlock (2-2) sala-satu anak mentornya akan pulang berdasarkan pilihan pemirsa, tetapi kalau memilih 3-1, juga sala satu anak mentornya akan pulang yang juga jadinya sangat subyektif akhirnya mensiasiakan SMS pemirsa(mudah-mudahan pilihan Anggun sesuai SMS Pemirsa).
Begitu juga dengan persyaratan-persyaratan  seyogyanya sudah menetapkan persyaratan2 mutlak, tidak seperti yang dilakukan oleh Ahmad Dany yaitu membentuk group sementara kontes berlangsung….,untung saja Mika Angelo tidak keberatan karena merasa dirugikan (tersingkir oleh group ciptaan x factor). Apapun alasannya , tidak ada lagi kontestan baru setelah ajang sementara berlangsung (itulah sportifitas para kontestan)

Pembelajaran dari  Juri Mentor (Juri merangkap Mentor). System ini membuat para Juri bermuka dua, sehingga kadang-kadang terlihat adegan adegan yang menampilkan arogansi, keakuan, seperti penampilan Beby Romeo mengucapkan kata jorok , makian “ kurang ajar” kepada pendukung penyelenggara yang memutar lagu sewaktu Baby Romeo akan mengomentari penampilan salah seorang kontestan. Rosa yang tampak berat sebelah memilih antara Shena dan Fatin, Ahmad Dany secara diam diam memfasilitasi new dimention(hasil pembentukan-nya), walaupun akhirnya tersirat mengakui kelemahannya, Lain halnya Anggun C Sasmi mungkin karena pengaruh karena sudah lama berdomisili di Perancis, sangat hati hati mengungkapkan perasaannya.., sekalipun itu berupa kritik atau saran namun mempersalahkan x Factor pemirsa yang memilih anak mentornya yang pertama pulang dari 13 peserta.

Pemirsa, Setiap ajang/kompetisi apapun namanya pasti selalu ada pemenangnya, dan selalu ada ketidak puasan , ketidak puasan ini selalu berada pada pihak yang kalah, baik dari kontestan, Juri, Penonton, Supporter. Coba Anda simak kompetisi Sepak Bola, bentuk ketidak puasan yang nyata adalah demo..artinya mereka mengungkapkan ketidak puasannya secara nyata di public. Sangat berbeda dengan ajang kompetisi seperti X Factor atau sejenisnya apalagi kalo juri sebenarnya adalah public (jumlah SMS) … mana ada pernyataan ketidak puasan secara nyata yang tampak di TV? atau Demo?, yang ada samar- samar seperti unkapan Novita pada awal tulisan saya diatas (dialog dengan Deddy), dan beberapa caci maki pendukung Novita di media internet (Maya/Tidak Nyata). Dan Apa kata Fatin sang juara sewaktu Deddy meminta tanggapannya tentang caci maki itu twitter, kata Fatin “Mereka itu berani hanya di dunia maya” alias mereka yang pecundang (Red)

Potensi masa akan datang, siapapun pemenangnya atau yang kalah tidak menjadi jaminan bahwa dia akan popular nantinya. Karena KEpopulerAN sangat tergantung dengan penilaian orang lain termasuk Wartawan. Tetapi yang pasti bahwa Fatin mempunyai PELUANG yang besar dan pasti yaitu Sony record dan Fatinistik.

Fatin sejak awal sudah menjadi Juara.

Dari sekian ratus ribu audisi hanya Fatin yang membuat Mulan Jameela terkagum “Gila banget ini suara” , Anggun “Sebel banget, belum olah vocal tapi uda kayak gini suaranya”, Beby Romeo “ini suara hanya 100 tahun sekali muncul di dunia ini” , Ahmad Dany “Fatin adalah sosok kontestan yang tidak boleh kalah”, Rosa sangat senang dan bersyukur mementori Fatin.. yang akhirnya membuat Rosa ditimpa Banjir bandang (air mata haru) di pelupuk matanya.
Yang paling mengetahui kemenangan Fatin sejak awal adalah RCTI, kenapa Fatin selalu ditampilkan kebelakangan setiap episod??, karena kalau Fatin ditampilkan lebih awal khawatirnya pemirsa juga lebih awal kabur sehingga jualan iklannya kurang laku (konon pengiklan membayar 40 juta per 30 detik pada siaran reguler), lagi pula yang tau jumlah sms yang masuk kan RCTI.
Ahmad Dany sejak awal sudah memprediksi Fatin akan menjadi Juara, sehingga tersirat upaya untuk menekannya dengan membuat 2 Group baru sebegai peserta tambahan dan memanggil kembali Alex yang Profesional dibidang music menjadi peserta yang ke 13.

Fatinistic
Kita tak henti-hentinya belajar dari pengalaman khususnya didunia music ini, keberadaan fans sangat menentukan kepopuleran dan keberhasilan seorang penyanyi. Fans yang abadi (maksudnya dapat bertahan lama , sifatnya Loyal , sangat Fanatik) biasanya terbentuk dengan sendirinya, bukan sengaja dibentuk. Fatinistik terbentuk dengan sendirinya, Jiwa Fatinistik adalah Foya, Ngaung Foya sudah menyebar kemana…, Beberapa penyanyi luar yang cukup terkenal seperti Lengka , Bruno Mars dan beberapa penyanyi lainnya beserta Fansnya ikut kecipratan dari Fatinistic dampaknya pun kembali ke Fatin.
Lain halnya Fans yang suka berantam sekalipun itu di Dunia Maya .. dapat memberikan imej yang jelek terhadap penutannya. Saya pernah mendengar pepatah ” Lebih baik menjadi orang berguna dari pada orang terkenal”, tetapi untuk Fatin dan orang yang sepertinya…, alangkah lebiah baik lagi kalau mereka juga menjadi orang yang berguna “, tidak seperti mereka yang PECUNDANG yang kerjaannya memaki didunia maya.
Beberapa Perancang Mode yang terkenal di Tanah Air, memilih “Fatin” menjadi Model Anak remaja Indonesia atau Anak Remaja Nusantara ataupun mungkin dinamai “Remaja Foya” , dan tidak menutup kemungkinan akan muncul trend Jilbab yang bernama “Jilbab Foya”… he… he… dan dan  semuanya menambah melebarnya gaun Fatinistic.

Gejala Fenomenal, Fatin membuat ajang X Factor menjadi tontonan yang Fenomenal, Bruno Mars dan … yang telah menggetarkan Panggung Music dunia Barat tetapi Fatin dengan membawakan lagu dari kedua penyanyi tersebut menggunakan busana religius yang menurut logica tidak akan mungkin diterima dan menembus dunia music barat tetapi apa kenyataanya ?, malah menggoncangnya, meng-obok2-nya membuat kedua lagu tersebut melejit walaupun dibawakan oleh suara Fatin sipemilik postur imut-imut dan berjilbab .

Fatin, wajar meraih kemenangan dalam ajang ini karena Ia memilik lebih banyak Kelebihan dari pada kekurangan, malah justru kekurangannya pun menjadi kelebihan Fatin dari pesaing-pesaingnya.

Akhirnya Fatin Shidqia , Fatin Foya, Fatin The Winner yang telah merampok hati pemirsa X Factor Indonesia. dan itu adalah kenyataan Selamat untuk Fatin Shidqia Lubis.

~ by Nina on May 29, 2013.

3 Responses to “Belajar dari X Factor”

  1. ooo, yang menang fatin ya? #selfkeplak

  2. Uraian yang sangat bermakna, sepertinya Mba Nina, mengikuti semua episod x factor indonesia dan mempunyai wawasan yang sangat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: