Mutiara Cinta dan Kehidupan

Terkadang dalam menjalankan roda kehidupan ini, manusia sebagai makluk yang tidak sempurna sering sekali tersesat masuk ke zona hitam dimana kebahagiaan dan cinta kasih sirna ditelah kebencian dan keegoisan.

Anda yang ingin merubah kehidupan menjadi lebih baik lagi atau kata mutiara ini dapat anda jadikan sebagai penyemangat dalam mengapai cita-cita .

Mengapa kita membutuhkan kata mutiara hati? Karena, kata mutiara hati berisikan pesan yang sangat dalam tentang apa saja terutama tentang kehidupan, problematika, cinta, pencarian jati diri dan Tuhan, pertemuan, kehilangan dan perpisahan. Mutiara hati umumnya tersusun, teruntai, terangkai dari kata-kata dan kalimat pendek.

Kalau kita lagi sensitif, emosional, sentimental, melankolis, dan semua hal yang terasa menyentuh dan menggugah kalbu, kata mutiara hati seketika sangat membekas. Begitu persoalan berlalu, kita baca kembali kata mutiara hati tersebut, terasa tidak berarti lagi dan biasa-biasa saja. Walaupun ada sejumlah kata mutiara hati yang tetap abadi di hati dan pikiran kita.

Dalam buku Manuver Filsafat Bahasa dalam Penciptaan Peradaban Komunikasi disebutkan, “kata-kata tidak berarti apa-apa, manusialah yang memberi arti terhadap kata-kata tersebut.” Kata mutiara hati, ada yang mudah dicerna dan ada yang susah ditakar. Harus berpikir dahulu baru mengerti.

Jadi, jelaslah pada mulanya pemahaman terhadap kata mutiara hati sifatnya sangat personal (pribadi). Kemudian berkembang dan meluas menjadi ranah publik. Kenapa? Contoh: setiap orang pasti pernah dihimpit tang, ditipu orang, gagal dalam berbisnis, jiwa hancur karena cinta dan kesepian, berhasil melewati setiap cobaan. Ketika seseorang mencurahkan sepenggal isi hati dan pikirannya melalui kata dan kalimat mutiara hati, orang lain pun yang pernah mengalami hal sama, baik secara langsung maupun tidak, akan menyukai kata mutiara hati tersebut.

Kalau dalam facebook bolehlah kita sebut, status kita itu adalah mutiara hati kita, refleksi dan gambaran apa yang sedang kita alami. Sementara isi mutiara hati di twitter disebutnya mention.

Kata Mutiara dari Famous People

* Saya tidak bisa hidup tanpa buku. (Thomas Jefferson)

* Kemarahan akan menghilang segera setelah pikiran kebencian dilupakan. (Buddha)

* Jangan takut untuk memberikan yang terbaik untuk apa yang tampaknya merupakan pekerjaan kecil. (Dale Garnegie)

* Genius adalah satu persen inspirasi, sembilan puluh sembilan persen keringat. (Thomas Alva Edison)

* Saya percaya bahwa salah satu risiko terbesar dalam hidup adalah tidak pernah berani mengambil risiko. (Oprah Winfrey)

* Kegagalan adalah jalan memutar, bukan jalan buntu. (Zig Ziglar)

* Orang dengan ide baru adalah orang aneh sampai idenya berhasil. (Mark Twain)

* Jika A adalah sukses dalam hidup, maka A sama dengan x ditambah y ditambah z. Bekerja adalah x, y adalah bermain, dan z adalah menjaga mulut rapat-rapat. (Albert Einstein)

Contoh Kata Mutiara Cinta

Mutiara hati tidak harus berisi kata-kata mutiara yang berhubungan dengan hati. Bisa juga hal lainnya, karena mutiara hati sebenarnya adalah apa yang membekas di hati dan pikiran kita manakala membaca sebuah mutiara kata, pepatah, nasihat, dan sejenisnya.

Berikut ini adalah kumpulan berbagai mutiara hati yang terpatri ke dalam sejumlah peribahasa, di antaranya sudah umum, di antaranya Anda pasti baru kali menemukannya di sini.

* Sebuah perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah.

* Dia yang meminta adalah orang bodoh selama lima menit, tetapi siapa yang tidak meminta tetap bodoh selamanya.

* Yang benar-benar kaya adalah mereka yang menikmati apa yang mereka miliki.

* Keyakinan adalah setengah dari kemenangan.

* Jika keadaan tidak seperti yang Anda inginkan, inginkan sebagaimana adanya.

* Berbicara datang dari alam, keheningan dari kebijaksanaan.
* Jika Anda sehat, Anda kaya.

* Jika Anda ingin mimpi Anda menjadi kenyataan, jangan tidur.

* Orang bodoh mengatakan apa yang ia tahu, dan orang bijak tahu apa yang dikatakannya.

* Waktu dan kata-kata tidak dapat bercerita, bahkan jika itu hanya kemarin.

* Dia yang tidak dapat bertahan dalam suasana yang buruk, tidak akan hidup untuk melihat yang baik.

* Jika Anda tidak berdiri untuk sesuatu, Anda akan jatuh untuk sesuatu.

* Ketika sebuah jarum jatuh ke dalam sumur, banyak orang akan melihat ke dalam sumur, tetapi hanya sedikit yang akan siap untuk turun setelah itu.

* Jika Anda menyinggung, minta maaf, jika tersinggung memaafkan.

* Dia yang belajar, mengajar.

* Jika Anda bukan bagian dari solusi, Anda bagian dari masalah.

* Jangan melihat di mana Anda jatuh, tetapi di mana Anda tergelincir.

* Pengetahuan adalah seperti sebuah kebun: Jika tidak dibudidayakan, itu tidak dapat dipanen.

* Ketika tidak ada musuh di dalam diri, musuh-musuh di luar tidak dapat menyakiti Anda.

* Ketika Tuhan memasak, Anda tidak melihat asap.

Tafsir Kata Mutiara

Kata mutiara hati sebenarnya sangatlah dekat dengan budaya tempat kita tinggal. Tafsir serta terjemahannya tergantung “experience and knowledge” seseorang. Misalkan istilah “nasi sudah menjadi bubur” (persoalan yang sudah terjadi, tidak dapat dipungkuri). Orang Amerika mungkin tidak mengerti peribahasa ini. Maka, mereka pun mengenal peribahasa (proverb) dengan bridge under water. Coba Anda buka Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, John Ecold dan Hasan Hasdly terbitan Gramedia, pasti diterjemahkan dengan ‘nasi sudah menjadi bubur’.

Mutiara Kehidupan – Saya Ini Orang Bodoh

Hanya orang-orang bodohlah yang masih ingin terus belajar dan belajar. Mulai hari ini, bertekadlah untuk mengisi hari dengan menulis dan mencatat hal yang baik. Kumpulkanlah inspirasi kata-kata bijak dalam bentuk puisi, kutipan, pepatah, nasihat hari ini, cerita, pikiran, dan motivasi. Sebab, kumpulan tersebut akan terus tumbuh dan berharaplah bahwa kata-kata yang terkoleksi menjadi inspirasi dan motivasi bagi diri sendiri dan orang lain.

Orang bilang, kata-kata mutiara tiada artinya. Tetapi, terbukti masih banyak orang yang menyukainya. Sama halnya seperti kita mandi. Kita merasa, mandi bukanlah perbuatan besar. Tapi, kita tetap melakukannya dan membutuhkannya.

Berterima kasihlah kepada semua orang yang telah mendukung dan mendorong Anda, baik itu kepada orangtua, suami, istri, anak, cucu, mertua, menantu, kerabat, saudara, handai-tolan, bahkan tetangga. Berterima kasihlah kepada Semesta yang telah menganugerahkan dunia dan kehidupan, mengerahkan aspirasi semangat, dan kadang kita lalai, luput dan alpa bahwa sebenarnya mereka banyak mendukung dan memberikan inspirasi kepada kita.

Mutiara hati sesungguhlah adanya rasa terima kasih kepada orang-orang dekat kita. Dan kata mutiara hati, “saya ini orang bodoh” adalah cermin bahwa sebenarnya kita tidak tahu apa-apa. Makin belajar dan belajar, makin banyak yang kita tidak tahu. Karena itu, para filsuf dan orang-orang bijak mengajarkan bahwa apa yang engkau ketahui, engkau bagi, dengan demikian pengetahuanmu akan bertambah.


One Response to “Mutiara Cinta dan Kehidupan”

  1. Pemikiran yg sangat2 masuk akal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: